28 Apr 2012

Anak-Ibu-Ayah Berbagi Impian

Apakah Anda punya impian tentang putra/putri Anda?
Apakah Anda berani mengukur tingkat kerealistisan impian Anda?
Jika Anda menjawab "ya", mintalah putra/putri Anda untuk mengisi rapor Anda seperti form A berikut.
Sementara, Anda sendiri mengisi daftar impian Anda seperti form B berikut.
(Pernyataan-pernyataan di dalam form A dan B sekadar contoh; bisa diubah sesuai dengan keperluan. Yang harus diperhatikan, pernyataan di dalam form A mesti linier dengan pernyataan di dalam form B yang bernomor sama.)
Lalu tukarkan daftar impian Anda dengan rapor Anda. Diskusikan berdua saja dengan ananda. 
Jika skor impian Anda sama dengan skor rapor Anda pada nomor yang sama, berarti impian Anda pada nomor tersebut cukup realistis. Sebaliknya, jika skor impian dan rapor pada nomor yang sama terpaut jauh, berarti impian Anda tidak realistis. Ringkasnya, makin kecil selisih kedua skor berarti impian Anda makin realistis; makin jauh selisihnya berarti makin ngelantur Anda mengigau.
***
Metode ini pernah disimulasikan secara kolosal di sekolah kami. Hasilnya, mendapat respons luar biasa dari orang tua murid.
***


Form A
RAHASIA
UNTUK IBU/AYAH*)                                                                   DIISI OLEH ANAK
NAMA ANAK: _________________________________

A.  IBU/AYAHku dalam Pandanganku
·  Lengkapilah dengan kata selalu, sering, kadang-kadang, jarang, atau tidak pernah agar pernyataan-pernyataan berikut sesuai dengan kebiasaan IBU/AYAHmu menurut yang kauketahui.
·  Nyatakan kata-kata itu dalam angka: (selalu = 4; sering = 3; kadang-kadang = 2; jarang = 1; tidak pernah = 0).
1.  IBU/AYAHku (. . .) menjadi teladan bagi keluargaku dalam menjalankan salat fardu (5 waktu).
2.  Jika sedang bepergian (dalam perjalanan), IBU/AYAHku (. . .) memperhatikan jadwal salat fardu.
3.  IBU/AYAHku (. . .) tampak gelisah jika terpaksa menunda salat fardu.
4.  IBU/AYAHku (. . .) gemar membaca/mendengarkan ayat-ayat Al-Quran.
5.  IBU/AYAHku (. . .) tampak kecewa bila melewatkan hari tanpa membaca/mendengarkan Al-Quran.
6.  IBU/AYAHku (. . .) menyebut Nama Allah ketika sedang mendapat kemudahan/kesenangan.
7.  IBU/AYAHku (. . .) menyebut Nama Allah ketika sedang mengalami kesulitan/kesedihan.
8.  Setiap hari IBU/AYAHku (. . .) memantau hasil belajarku di sekolah.
9.  IBU/AYAHku (. . .) memberikan pujian bila hasil belajarku memuaskan.
10.   IBU/AYAHku (. . .) menghiburku bila hasil belajarku kurang baik.
11.   Setiap hari IBU/AYAHku (. . .) memantau kegiatan belajarku di rumah.
12.   IBU/AYAHku (. . .) berusaha membantu aku bila mengalami kesulitan belajar.
13.   IBU/AYAHku (. . .) menjaga suasana rumah agar nyaman untuk belajar.
14.   Ketika baru bertemu/berkumpul (misal: pulang kerja/bepergian), IBU/AYAHku (. . .) menyempatkan berbincang dengan aku.
15.   IBU/AYAHku (. . .) menjadi “teman curhat” yang nyaman.

B.  IBU/AYAHku yang Kudambakan
16.   Kebiasaan IBU/AYAHku yang aku tidak suka:
a.  .....................................................................................................................
b. ......................................................................................................................
17.   Sifat IBU/AYAHku yang membuat aku bangga:
a.  .....................................................................................................................
b. .......................................................................................................................
c.  .....................................................................................................................
18.   Tiga (3) kata pas untuk IBU/AYAHku:
...........................................................................................................................
                                                                      ......................, .................................
                                                                        Salam .................................. ananda,

           
                                                                        .........................................................
*) Setiap mendapati IBU/AYAHku, coret yang tidak sesuai dengan pihak yang dituju.


*****

 Form B
RAHASIA
UNTUK ANANDA                                                           DIISI OLEH IBU/AYAH*)
NAMA ANAK: _________________________________

A.  ANANDA dalam Dambaan Ibu/Ayah
·  Pernyataan-pernyataan berikut berisi HARAPAN terhadap ANANDA.
·  Berilah SKOR DERAJAT KEPENTINGAN HARAPAN tersebut menurut pandangan Ibu/Bapak.
·  Pedoman skor: 4 = mutlak; 3 = penting; 2 = wajar; 1 = kurang penting; 0 = tidak perlu.
No.
Ibu/Ayah mendambakan ANANDA ....
Skor
1.
taat menjalankan salat fardu (5 waktu sehari-semalam)

2.
tidak kehilangan salat fardu gara-gara sibuk dengan kegiatan lain

3.
segera mengerjakan salat fardu ketika sudah tiba waktunya

4.
menjadikan Al-Quran sebagai bacaan utama/favorit

5.
mengatur dan mematuhi jadwal membaca Al-Quran harian

6.
rendah hati dan sederhana dalam menyikapi kelebihan yang ada pada diri/keluarganya

7.
sabar dan percaya diri atas setiap kekurangan yang ada pada diri/keluarganya

8.
melaporkan kepada orang tua setiap perkembangan hasil belajarnya di sekolah

9.
makin bergairah belajar ketika mendapatkan nilai/hasil belajar yang memuaskan

10.
berani menunjukkan nilai/hasil belajarnya yang kurang memuaskan

11.
mengatur sendiri jadwal belajarnya di rumah

12.
mau bertanya kepada orang tua jika menemukan kesulitan dalam belajar

13.
mematuhi jadwal belajarnya sendiri tanpa menghiraukan gangguan/pengaruh dari luar

14.
bergairah untuk segera berbagi cerita kepada orang tua tentang pengalaman barunya

15.
terbuka dan melibatkan orang tua dalam mengambil keputusan menyangkut dirinya


B.  ANANDA yang Ibu/Ayah Lihat
16.   Ibu/Ayah melihat dan menerima kelemahan/kekurangan ANANDA berikut:
a.  ....................................................................................................................
b. .....................................................................................................................
17.   Ibu/Ayah mengakui dan mengagumi kelebihan/keunggulan ANANDA berikut:
a.  ....................................................................................................................
b. .....................................................................................................................
c.  ....................................................................................................................
18.   Tiga (3) kata pas untuk ANANDA:
.........................................................................................................................
                                                                        ...................., ...................................
                                                                        Salam ............................... Ibu/Ayah,

                                                                                                                                                                                                                                                                      .........................................................
*) Setiap menjumpai IBU/AYAH, coret yang tidak sesuai dengan pihak yang mengisi.

*****


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Populer