Apakah Anda punya impian tentang putra/putri Anda? Apakah Anda berani mengukur tingkat kerealistisan impian Anda? Jika Anda menjawab "ya", mintalah putra/putri Anda untuk mengisi rapor Anda seperti form A berikut.
RAHASIA
UNTUK IBU/AYAH*) DIISI OLEH ANAK
NAMA ANAK: _________________________________
A. IBU/AYAHku
dalam Pandanganku
· Lengkapilah dengan kata selalu,
sering, kadang-kadang, jarang, atau tidak pernah agar
pernyataan-pernyataan berikut sesuai dengan kebiasaan IBU/AYAHmu menurut yang
kauketahui.
· Nyatakan kata-kata itu dalam angka: (selalu
= 4; sering = 3; kadang-kadang = 2; jarang = 1; tidak pernah = 0).
1. IBU/AYAHku
(. . .) menjadi teladan bagi keluargaku dalam menjalankan salat fardu (5
waktu).
2. Jika
sedang bepergian (dalam perjalanan), IBU/AYAHku (. . .) memperhatikan jadwal
salat fardu.
3. IBU/AYAHku
(. . .) tampak gelisah jika terpaksa menunda salat fardu.
4. IBU/AYAHku
(. . .) gemar membaca/mendengarkan ayat-ayat Al-Quran.
5. IBU/AYAHku
(. . .) tampak kecewa bila melewatkan hari tanpa membaca/mendengarkan Al-Quran.
6. IBU/AYAHku
(. . .) menyebut Nama Allah ketika sedang mendapat kemudahan/kesenangan.
7. IBU/AYAHku
(. . .) menyebut Nama Allah ketika sedang mengalami kesulitan/kesedihan.
8. Setiap
hari IBU/AYAHku (. . .) memantau hasil belajarku di sekolah.
9. IBU/AYAHku
(. . .) memberikan pujian bila hasil belajarku memuaskan.
10. IBU/AYAHku
(. . .) menghiburku bila hasil belajarku kurang baik.
11. Setiap
hari IBU/AYAHku (. . .) memantau kegiatan belajarku di rumah.
12. IBU/AYAHku
(. . .) berusaha membantu aku bila mengalami kesulitan belajar.
13. IBU/AYAHku
(. . .) menjaga suasana rumah agar nyaman untuk belajar.
14. Ketika
baru bertemu/berkumpul (misal: pulang kerja/bepergian), IBU/AYAHku (. . .) menyempatkan
berbincang dengan aku.
15. IBU/AYAHku
(. . .) menjadi “teman curhat” yang nyaman.
B. IBU/AYAHku
yang Kudambakan
16. Kebiasaan IBU/AYAHku yang aku tidak suka:
a. .....................................................................................................................
b. ......................................................................................................................
17. Sifat IBU/AYAHku yang membuat aku bangga:
a. .....................................................................................................................
b.
.......................................................................................................................
c. .....................................................................................................................
18. Tiga (3) kata pas untuk IBU/AYAHku:
...........................................................................................................................
......................,
.................................
Salam
.................................. ananda,
.........................................................
*) Setiap mendapati IBU/AYAHku, coret
yang tidak sesuai dengan pihak yang dituju.
*****
Form B
RAHASIA
UNTUK ANANDA DIISI OLEH IBU/AYAH*)
NAMA ANAK: _________________________________
A. ANANDA
dalam Dambaan Ibu/Ayah
· Pernyataan-pernyataan berikut berisi HARAPAN
terhadap ANANDA.
· Berilah SKOR DERAJAT KEPENTINGAN HARAPAN tersebut
menurut pandangan Ibu/Bapak.
· Pedoman skor: 4 = mutlak; 3 = penting; 2
= wajar; 1 = kurang penting; 0 = tidak perlu.
No.
|
Ibu/Ayah mendambakan ANANDA ....
|
Skor
|
1.
|
taat menjalankan
salat fardu (5 waktu sehari-semalam)
|
|
2.
|
tidak
kehilangan salat fardu gara-gara sibuk dengan kegiatan lain
|
|
3.
|
segera
mengerjakan salat fardu ketika sudah tiba waktunya
|
|
4.
|
menjadikan
Al-Quran sebagai bacaan utama/favorit
|
|
5.
|
mengatur
dan mematuhi jadwal membaca Al-Quran harian
|
|
6.
|
rendah
hati dan sederhana dalam menyikapi kelebihan yang ada pada diri/keluarganya
|
|
7.
|
sabar dan
percaya diri atas setiap kekurangan yang ada pada diri/keluarganya
|
|
8.
|
melaporkan
kepada orang tua setiap perkembangan hasil belajarnya di sekolah
|
|
9.
|
makin
bergairah belajar ketika mendapatkan nilai/hasil belajar yang memuaskan
|
|
10.
|
berani
menunjukkan nilai/hasil belajarnya yang kurang memuaskan
|
|
11.
|
mengatur
sendiri jadwal belajarnya di rumah
|
|
12.
|
mau bertanya
kepada orang tua jika menemukan kesulitan dalam belajar
|
|
13.
|
mematuhi
jadwal belajarnya sendiri tanpa menghiraukan gangguan/pengaruh dari luar
|
|
14.
|
bergairah
untuk segera berbagi cerita kepada orang tua tentang pengalaman barunya
|
|
15.
|
terbuka
dan melibatkan orang tua dalam mengambil keputusan menyangkut dirinya
|
|
B. ANANDA
yang Ibu/Ayah Lihat
16. Ibu/Ayah melihat dan menerima
kelemahan/kekurangan ANANDA berikut:
a. ....................................................................................................................
b.
.....................................................................................................................
17. Ibu/Ayah mengakui dan mengagumi
kelebihan/keunggulan ANANDA berikut:
a. ....................................................................................................................
b. .....................................................................................................................
c. ....................................................................................................................
18. Tiga (3) kata pas untuk ANANDA:
.........................................................................................................................
....................,
...................................
Salam ...............................
Ibu/Ayah,
.........................................................
*) Setiap menjumpai IBU/AYAH, coret
yang tidak sesuai dengan pihak yang mengisi.
*****
Tidak ada komentar:
Posting Komentar