Apakah Anda berani mengukur tingkat kerealistisan impian Anda?
Jika Anda menjawab "ya", mintalah putra/putri Anda untuk mengisi rapor Anda seperti form A berikut.
Sementara, Anda sendiri mengisi daftar impian Anda seperti form B berikut.
(Pernyataan-pernyataan di dalam form A dan B sekadar contoh; bisa diubah sesuai dengan keperluan. Yang harus diperhatikan, pernyataan di dalam form A mesti linier dengan pernyataan di dalam form B yang bernomor sama.)
Lalu tukarkan daftar impian Anda dengan rapor Anda. Diskusikan berdua saja dengan ananda.
Jika skor impian Anda sama dengan skor rapor Anda pada nomor yang sama, berarti impian Anda pada nomor tersebut cukup realistis. Sebaliknya, jika skor impian dan rapor pada nomor yang sama terpaut jauh, berarti impian Anda tidak realistis. Ringkasnya, makin kecil selisih kedua skor berarti impian Anda makin realistis; makin jauh selisihnya berarti makin ngelantur Anda mengigau.
***
Metode ini pernah disimulasikan secara kolosal di sekolah kami. Hasilnya, mendapat respons luar biasa dari orang tua murid.
***
Form A
RAHASIA
UNTUK IBU/AYAH*) DIISI OLEH ANAK
NAMA ANAK: _________________________________
A. IBU/AYAHku
dalam Pandanganku
· Lengkapilah dengan kata selalu,
sering, kadang-kadang, jarang, atau tidak pernah agar
pernyataan-pernyataan berikut sesuai dengan kebiasaan IBU/AYAHmu menurut yang
kauketahui.
· Nyatakan kata-kata itu dalam angka: (selalu
= 4; sering = 3; kadang-kadang = 2; jarang = 1; tidak pernah = 0).
1. IBU/AYAHku
(. . .) menjadi teladan bagi keluargaku dalam menjalankan salat fardu (5
waktu).
2. Jika
sedang bepergian (dalam perjalanan), IBU/AYAHku (. . .) memperhatikan jadwal
salat fardu.
3. IBU/AYAHku
(. . .) tampak gelisah jika terpaksa menunda salat fardu.
4. IBU/AYAHku
(. . .) gemar membaca/mendengarkan ayat-ayat Al-Quran.
5. IBU/AYAHku
(. . .) tampak kecewa bila melewatkan hari tanpa membaca/mendengarkan Al-Quran.
6. IBU/AYAHku
(. . .) menyebut Nama Allah ketika sedang mendapat kemudahan/kesenangan.
7. IBU/AYAHku
(. . .) menyebut Nama Allah ketika sedang mengalami kesulitan/kesedihan.
8. Setiap
hari IBU/AYAHku (. . .) memantau hasil belajarku di sekolah.
9. IBU/AYAHku
(. . .) memberikan pujian bila hasil belajarku memuaskan.
10. IBU/AYAHku
(. . .) menghiburku bila hasil belajarku kurang baik.
11. Setiap
hari IBU/AYAHku (. . .) memantau kegiatan belajarku di rumah.
12. IBU/AYAHku
(. . .) berusaha membantu aku bila mengalami kesulitan belajar.
13. IBU/AYAHku
(. . .) menjaga suasana rumah agar nyaman untuk belajar.
14. Ketika
baru bertemu/berkumpul (misal: pulang kerja/bepergian), IBU/AYAHku (. . .) menyempatkan
berbincang dengan aku.
15. IBU/AYAHku
(. . .) menjadi “teman curhat” yang nyaman.
B. IBU/AYAHku
yang Kudambakan
16. Kebiasaan IBU/AYAHku yang aku tidak suka:
a. .....................................................................................................................
b. ......................................................................................................................
17. Sifat IBU/AYAHku yang membuat aku bangga:
a. .....................................................................................................................
b.
.......................................................................................................................
c. .....................................................................................................................
18. Tiga (3) kata pas untuk IBU/AYAHku:
...........................................................................................................................
......................,
.................................
Salam
.................................. ananda,
.........................................................
*) Setiap mendapati IBU/AYAHku, coret
yang tidak sesuai dengan pihak yang dituju.
*****
Form B
RAHASIA
UNTUK ANANDA DIISI OLEH IBU/AYAH*)
NAMA ANAK: _________________________________
A. ANANDA
dalam Dambaan Ibu/Ayah
· Pernyataan-pernyataan berikut berisi HARAPAN
terhadap ANANDA.
· Berilah SKOR DERAJAT KEPENTINGAN HARAPAN tersebut
menurut pandangan Ibu/Bapak.
· Pedoman skor: 4 = mutlak; 3 = penting; 2
= wajar; 1 = kurang penting; 0 = tidak perlu.
No.
|
Ibu/Ayah mendambakan ANANDA ....
|
Skor
|
1.
|
taat menjalankan
salat fardu (5 waktu sehari-semalam)
|
|
2.
|
tidak
kehilangan salat fardu gara-gara sibuk dengan kegiatan lain
|
|
3.
|
segera
mengerjakan salat fardu ketika sudah tiba waktunya
|
|
4.
|
menjadikan
Al-Quran sebagai bacaan utama/favorit
|
|
5.
|
mengatur
dan mematuhi jadwal membaca Al-Quran harian
|
|
6.
|
rendah
hati dan sederhana dalam menyikapi kelebihan yang ada pada diri/keluarganya
|
|
7.
|
sabar dan
percaya diri atas setiap kekurangan yang ada pada diri/keluarganya
|
|
8.
|
melaporkan
kepada orang tua setiap perkembangan hasil belajarnya di sekolah
|
|
9.
|
makin
bergairah belajar ketika mendapatkan nilai/hasil belajar yang memuaskan
|
|
10.
|
berani
menunjukkan nilai/hasil belajarnya yang kurang memuaskan
|
|
11.
|
mengatur
sendiri jadwal belajarnya di rumah
|
|
12.
|
mau bertanya
kepada orang tua jika menemukan kesulitan dalam belajar
|
|
13.
|
mematuhi
jadwal belajarnya sendiri tanpa menghiraukan gangguan/pengaruh dari luar
|
|
14.
|
bergairah
untuk segera berbagi cerita kepada orang tua tentang pengalaman barunya
|
|
15.
|
terbuka
dan melibatkan orang tua dalam mengambil keputusan menyangkut dirinya
|
B. ANANDA
yang Ibu/Ayah Lihat
16. Ibu/Ayah melihat dan menerima
kelemahan/kekurangan ANANDA berikut:
a. ....................................................................................................................
b.
.....................................................................................................................
17. Ibu/Ayah mengakui dan mengagumi
kelebihan/keunggulan ANANDA berikut:
a. ....................................................................................................................
b. .....................................................................................................................
c. ....................................................................................................................
18. Tiga (3) kata pas untuk ANANDA:
.........................................................................................................................
....................,
...................................
Salam ...............................
Ibu/Ayah,
.........................................................
*) Setiap menjumpai IBU/AYAH, coret
yang tidak sesuai dengan pihak yang mengisi.
*****
Tidak ada komentar:
Posting Komentar