Langsung ke konten utama

Sayang

“Anak-anak lebih manut kepada gurunya. Karena orang tuanya jarkoni, bisa ngajar ora bisa nglakoni,” seloroh ibu seorang murid kelas 1.

Sebelumnya, beliau menyatakan, “Perkembangan itu tidak hanya didapatkan anak-anak, tapi juga menular di rumah.”

Ibu yang—saya tebak—seusia istri saya belasan tahun silam itu menyampaikan pidato sambutan mewakili orang tua teman-teman anaknya. Rabu (21/06/2023) pagi itu, sekolah anaknya menggelar Ekshibisi Kreativitas Siswa. Menu acaranya—seperti terpampang pada layar panggung—terdiri dari gelar karya, pentas, dan peluncuran buku. Kegiatan ini digelar untuk menandai akhir tahun ajaran. Dua hari berikutnya, anak-anak akan menerima buku laporan hasil belajar. Laporan itu sekaligus menentukan status anak-anak: naik ke kelas 2 atau mengulang belajar di kelas 1.

Ruang kelas disulap menjadi panggung jadi-jadian. Meja-kursi dikeluarkan. Beberapa lembar karpet dihamparkan menutup permukaan lantai. Sehelai layar panggung terbentang di dinding sisi timur, menutup sepertiga panjangnya di bagian tengah. Di tepi utara ruang, anak-anak duduk berjajar dalam beberapa saf. Di tepi barat dan selatan, duduk berjajar satu lapis para orang tua murid. Komposisinya didominasi kaum ibu. Hanya tampak tiga orang bapak yang hadir di antara mereka.

Peluncuran buku menjadi sajian acara kedua setelah pembukaan. Dua buku baru diluncurkan sekaligus. Satu buku memuat 27 judul tulisan karya anak-anak. Masing-masing menceritakan pengalaman penulisnya dalam mengikuti kegiatan sekolah. Anak-anak memilih sendiri kegiatan yang berkesan bagi mereka. Pengalaman mereka juga diceritakan menurut perspektif masing-masing. Kegiatan yang sama menghasilkan cerita dan judul tulisan yang berbeda. Ada yang mengembangkan cerita pengalamannya menjadi beberapa halaman. Ada yang baru menghasilkan beberapa baris. Semuanya tulisan tangan.

Buku yang satunya lagi karya dua orang guru—tepatnya, seorang guru dan seorang kepala sekolah. Seluruhnya ada 69 judul tulisan. Buku kedua ini juga menceritakan pengalaman kedua penulisnya. Semua pengalaman itu mereka pungut dari aktivitas keseharian sekolah. Uniknya, kedua penulis selalu menjadikan nilai-nilai karakter sebagai angle setiap tulisan. Tidak mengherankan kalau buku ini mereka beri judul Semai Benih Karakter Utama: Cerita Keseharian Sekolah Rintisan. Kedua penulis jeli mengidentifikasi karakter positif yang ditampilkan pelaku peristiwa sehari-hari di sekolah. Berbagai karakter itu ada yang sudah berkembang dan ada yang baru mulai tumbuh pada diri tokoh cerita. Semua diapresiasi sebagai benih karakter utama yang layak untuk disemai. Sekolah digarap sebagai lahan penyemaian benih-benih pekerti luhur itu.

Tampilan berikutnya, tujuh anak unjuk kecakapan membaca Al-Qur’an. Mereka secara bergiliran membaca halaman sesuai dengan capaian terakhir pembelajaran masing-masing. Meski berbeda-beda dalam hal capaian belajar, ketujuh anak itu menunjukkan standar yang sama: tartilnya, kefasihannya, dan lagunya. Halaman buku belajar mengaji atau mushaf Al-Qur’an yang sedang dibaca oleh penampil juga ditayangkan pada layar proyektor. Hadirin bisa memeriksa ketepatan bacaan anak-anak.

Unjuk kecakapan membaca Al-Qur’an

Seusai tujuh anak tampil membaca Al-Qur’an, saya meninggalkan acara. Saya telanjur membuat janji pertemuan dengan dokter di sebuah rumah sakit, lumayan jauh dari arena ekshibisi kreativitas siswa itu. Sebelumnya saya sempat menyindir, “Kok sepertinya tidak ada syuting acara ini, ya?”

Sorenya saya mendapat kiriman video dokumentasi kegiatan. Saya putar. Duh, betapa kecewanya saya! Gambarnya terjungkir 90 derajat ke kanan. Saya harus berganti perangkat pemutar video yang menyediakan fitur pengaturan orientasi layar video. Saya tonton video itu sampai detik terakhir. Berikut ini tangkapan layar beberapa adegannya.

Unjuk hafalan hadis
Penyerahan penghargaan kepeloporan karakter
Kreasi gerak diiringi lagu “Di Sini Senang di Sana Senang
Tebak tanggal lahir oleh Daffa dan Hafidz

Kualitas video hasil rekaman kamera ponsel itu menyempurnakan kesan amatiran pada kemasan acaranya. Sudah panggungnya panggung-panggungan, masih ditambah video dokumentasinya dibuat melalui syuting-syutingan. Secara teknis, ekshibisi tutup tahun ajaran ini betul-betul dikemas ala kadarnya. Padahal, yang digelar adalah hasil pembelajaran autentik yang laik apresiasi dan sarat inspirasi.

Saya pun gagal mengusir perasaan kecewa. Betapa tidak! Saya kehilangan kesempatan untuk menyaksikan aksi anak-anak secara langsung. Itu yang saya sayangkan.

Perkara kemasan acaranya yang terlalu minim polesan teknik dan montase, biarlah itu menjadi topik perbincangan para pihak yang empunya acara. Boleh jadi, di era disrupsi gaya hidup ini, memang masih ada pandangan yang mengutamakan isi daripada kulit.

Tabik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

11 Prinsip Pendidikan Karakter yang Efektif (Bagian 1)

    Tulisan ini  disadur dari  11 Principles of Effective Character Education ( Character Education Partnership, 2010)       Apa pendidikan karakter itu? Pendidikan karakter adalah usaha sadar untuk mengembangkan nilai-nilai budi dan pekerti luhur pada kaum muda. Pendidikan karakter akan efektif jika melibatkan segenap pemangku kepentingan sekolah serta merasuki iklim dan kurikulum sekolah. Cakupan pendidikan karakter meliputi konsep yang luas seperti pembentukan budaya sekolah, pendidikan moral, pembentukan komunitas sekolah yang adil dan peduli, pembelajaran kepekaan sosial-emosi, pemberdayaan kaum muda, pendidikan kewarganegaraan, dan pengabdian. Semua pendekatan ini memacu perkembangan intelektual, emosi, sosial, dan etik serta menggalang komitmen membantu kaum muda untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab, tanggap, dan bersumbangsih. Pendidikan karakter bertujuan untuk membantu kaum muda mengembangkan nilai-nilai budi luhur manusia seperti keadilan, ketekunan, kasih say

Indonesia Belum Mantan

  Bu Guru Lis, Pak Guru Jack, Pak Guru Yo, dan Kang Guru Gw "Selamat pagi, Prof. Saya sedang explore di Semarang," tulis Mas Joko "Jack" Mulyono dalam pesan WhatsApp-nya ke saya. Langsung saya sambar dengan berondongan balasan, "Wow, di mana, Mas? Sampai kapan? Om Yo nanti sore tiba di Semarang juga, lho." "Bukit Aksara, Tembalang (yang dia maksud: SD Bukit Aksara, Banyumanik—sekira 2 km ke utara dari markas saya)," balas Mas Jack, "Wah, sore bisa ketemuan  di Sam Poo Kong, nih ." Cocok. Penginapan Om Yohanes "Yo" Sutrisno hanya sepelempar batu dari kelenteng yang oleh masyarakat setempat lebih lazim dijuluki (Ge)dung Batu itu. Jadi, misalkan Om Yo rewel di perjamuan, tidak sulit untuk melemparkannya pulang ke Griya Paseban, tempatnya menginap bersama rombongan. Masalahnya, waktunya bisa dikompromikan atau tidak? Mas Jack dan rombongan direncanakan tiba di Sam Poo Kong pukul 4 sore. Om Yo pukul 10.12 baru sampai di Mojokerto.

Wong Legan Golek Momongan

Judul ini pernah saya pakai untuk “menjuduli” tulisan liar di “kantor” sebuah organisasi dakwah di kalangan anak-anak muda, sekitar 20 tahun silam. Tulisan tersebut saya maksudkan untuk menggugah teman-teman yang mulai menunjukkan gejala aras-arasen dalam menggerakkan roda dakwah. Adam a.s. Ya, siapa tidak kenal nama utusan Allah yang pertama itu? Siapa yang tidak tahu bahwa beliau mulanya adalah makhluk penghuni surga? Dan siapa yang tidak yakin bahwa surga adalah tempat tinggal yang mahaenak? Tapi kenapa kemudian beliau nekat melanggar pepali hanya untuk mencicipi kerasnya perjuangan hidup di dunia? Orang berkarakter selalu yakin bahwa sukses dan prestasi tidak diukur dengan apa yang didapat, melainkan dari apa yang telah dilakukan. Serta merta mendapat surga itu memang enak. Namun, mendapat surga tanpa jerih payah adalah raihan yang membuat peraihnya tidak layak berjalan dengan kepala tegak di depan para kompetitornya. Betapa gemuruh dan riuh tepuk tangan da