Langsung ke konten utama

Lugas Nian

"Yang deg-degan (bukan es degan. lho!) tegang bukan adik-adik peserta lomba. Yang tegang justru ibu-ibu di kanan dan kiri aula. Kalau adik-adik ini sudah mantap, siap berlomba. Bahkan adik-adik sudah tidak sabar untuk segera mengerjakan soal. Mereka pada ngrasani, 'Pembukaannya kok lama banget?' Oleh sebab itu, saya tidak akan berpidato. Saya tidak perlu menyampaikan pidato apa pun. Saya tidak perlu memberikan pesan apa-apa yang harus Adik-adik lakukan. Adik-adik semua sudah tahu apa yang mesti kalian lakukan, karena Adik-adik semua adalah para juara.

Tadi semua mengaku ingin seperti Pak Menteri. Bahkan, semua ingin melebihi Pak Menteri. Tidak perlu ingin, karena sekarang saja Adik-adik sudah melebihi saya. Saya dulu tergolong tidak pintar matematika, sedangkan Adik-adik semua juara matematika plus studi Islam, lagi. Luar biasa!

Saya juga mengapresiasi keterlibatan Gontor (Ponpes Darussalam Gontor, maksud beliau) dalam kerjasama ini. Saya sudah sering berkunjung ke Gontor, dan saya mengagumi prestasi Gontor walaupun saya tidak sempat nyantri di sana. Itu karena saya dulu tidak lolos seleksi masuk ke sana.

Adik-adik semua yakin jadi juara karena semua peserta ini adalah para juara. Hari ini kita hanya akan mencari siapa juaranya juara. Jadi, nanti siang jam 2 (14.00, maksud beliau) selepas zuhur, saya ingin tahu siapa juaranya juara itu: namanya siapa, laki-laki atau perempuan, dari mana asalnya. Karena semua sudah jadi juara, saya yakin tidak ada di antara Adik-adik yang ingin menjadi penjahat."

Hanya itu sambutan Dahlan Iskan dalam pembukaan final FRC (Fakhruddin ar-Razi Competetion) ke-2 tahun 2012 di aula kampus STEKPI, Kalibata (atau Pancoran? -- maaf, saya bloon tentang Ibukota), Sabtu, 17 November 2012). Betapa lugasnya! Kurang pintar matematika diakuinya. Tidak lolos seleksi masuk Gontor dipamerkannya. Kepada anak-anak belia yang belum gaduk kuping untuk mencerna pidato menteri, beliau mengalah. 

Tahu aja Pak Menteri yang satu ini bahwa anak-anak negeri itu lebih membutuhkan motivasi ketimbang orasi. Alangkah pesat perkembangan jiwa mereka andai atmosfer seperti ini mereka temukan setiap hari di ruang-ruang kelas mereka!

Tibalah saatnya deklarasi pembukaan secara seremonial resmi. Dua orang petugas mendekat beliau. Satu membawa mikrofon, satunya lagi membawa nampan memuat pemukul gong. Tangan Dahlan menyambar mikrofon.

"Saya ingin didampingi tiga peserta terjauh. Peserta dari Makassar, Medan, dan Bali, silakan maju. Lariii ...!" teriak beliau.

Pak Menteri lupa bahwa ada seorang peserta dari luar negeri: Kuala Lumpur. Ralat segera dikoreksi.

"Tambah satu lagi. Yang dari Kuala Lumpur, silakan maju."

Empat batang tubuh mungil beliau rangkul. "Yang dari Medan, silakan memukul gong tiga kali," pinta beliau. "Pak Menteri menyaksikan saja."

Dasar orang Horas! Memukul gong kok di bagian tepinya? Takut dengan bagian tengah yang methuthuk itu, kalee! Ralat lagi. Kali ini, kesempatan mengoreksi dipercayakan kepada si Kuala Lumpur. "Do you speak Malay?" tanya beliau, yang kemudian beliau jawab sendiri, "Yes, of course." Berhasil! Sohibnya Upin-Ipin itu memukul gong tepat di pethuthukan tengah. Bunyinya menggelegar memenuhi aula.

Kok ada menteri selugas itu, ya? MURI sudah menyiapkan sertifikat atau belum? Atau, jangan-jangan beliau satu-satunya di dunia? Kalau memang begitu, The Guinness juga tak boleh ketinggalan, dong!

***
Sebelum giliran Dahlan Iskan, Pak Rektor (Prof. Agung ... -- saya lupa lengkapnya; maklum, namanya tenggelam oleh gelarnya: Prof., Dr., Ak., M.Si.) lebih dulu menyampaikan pidato sambutan selaku tuan rumah. Berikut petikannya, hanya yang terekam oleh cerminku.

"Adik-adik saat ini berada di rahim STEKPI (Nama komplitnya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Keuangan dan Perbankan Indonesia; jadi, ada satu kata yang disembunyikan dari singkatannya). Ya, aula ini ibarat rahim ibu. Di bawah kita ini perpustakaan, seperti plasenta. Keluar dari aula ini, di depan sana Adik-adik akan disambut air yang menetes dari atas; itu ibarat ASI. Maju lagi, di halaman sana ada air lagi, yang memancar ke atas. Artinya, lulusan STEKPI harus mencuat di masyarakat, dengan karya dan kerjanya. Tapi tidak boleh sombong, karena air yang memancar itu akhirnya merunduk ke bawah juga. Maka, menengok ke kanan, Adik-adik menemukan masjid, tempat untuk menundukkan wajah, menaklukkan nafsu sombong."

Luar biasa! Arsitektur yang tidak mengedapankan kemewahan binti kemegahan, melainkan filosofi komunal-transendental yang harmonis dan rapi.

Pembaca tahu dan masih ingat kasus penangkapan sepasang remaja penimba ilmu agama di kamar mandi sebuah masjid dekat kampus mereka? STEKPI punya resep jitu untuk menangkal dorongan birahi busuk itu! Di semua ruang toilet, dinding depan dan samping kiri-kanan menggantung, terbuka di bagian bawahnya, setinggi kira-kira 25 cm dari lantai. Hanya sepanjang landasan kloset yang dindingnya menutup penuh sampai ke lantai. Ketika sedang jongkok di atas kloset, saya dapat melihat kaki orang yang kencing berdiri di toilet sebelah saya.

Boleh juga, itu perancang toilet! Antisipatif! Saya jadi ingat pesan Bang Napi: "Ingat! Kemaksiatan terjadi tidak hanya karena ada niat, tetapi juga karena ada kesempatan!"

Ya, hari ini saya merasa jadi mahasiswa STEKPI. Dan posting ini adalah tesisnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

11 Prinsip Pendidikan Karakter yang Efektif (Bagian 1)

(disadur dari Character Education Partnership, 2010: 11 Principles of Effective Character Education)
·Apa pendidikan karakter itu? Pendidikan karakter adalah usaha sadar untuk mengembangkan nilai-nilai budi dan pekerti luhur pada kaum muda. Pendidikan karakter akan efektif jika melibatkan segenap pemangku kepentingan  sekolah serta merasuki iklim dan kurikulum sekolah. Cakupan pendidikan karakter meliputi konsep yang luas seperti pembentukan budaya sekolah, pendidikan moral, pembentukan komunitas sekolah yang adil dan peduli, pembelajaran kepekaan sosial-emosi, pemberdayaan kaum muda, pendidikan kewarganegaraan, dan pengabdian. Semua pendekatan ini memacu perkembangan intelektual, emosi, sosial, dan etik serta menggalang komitmen membantu kaum muda untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab, tanggap, dan bersumbangsih. Pendidikan karakter bertujuan untuk membantu kaum muda mengembangkan nilai-nilai budi luhur manusia seperti keadilan, ketekunan, kasih sayang, hormat-menghormati…

Berguru kepada Abang Becak

Teman yang satu ini sungguh beruntung. Ia punya seorang ayah. Satu-satunya ayah yang dimilikinya itu bekerja sebagai pengemudi becak. Beliau dan teman-teman seprofesi boleh iri. Pengemudi kapal terbang ada namanya: pilot. Pengemudi kapal laut punya sebutan khusus: nakhoda. Pengemudi kereta api punya julukan: masinis (sekalipun berkelamin perempuan, ia tidak dijuluki mbaksinis). Pengemudi mobil – segala jenis mobil – disebut sopir. Pengemudi dokar, andong, atau delman punya nama: kusir atau sais. Lha pengemudi becak? Belum dibuatkan julukan khusus untuk mereka. Di Betawi, pengemudi sepeda beroda tiga (bila mirip merk produk tertentu, anggap saja itu bukan ketaksengajaan [?]) itu dipanggil “abang becak” (bila ia seorang perempuan, pasti panggilannya berubah). Di daerah-daerah lain, mereka lazim menerima sebutan “tukang becak” atau “penarik becak”. Yang terakhir ini kacau lagi. Pengemudi becak kan duduk di belakang kabin penumpang? Masa, menarik dari belakang ke depan??? Namun, bukan kela…

Wong Legan Golek Momongan

Judul ini pernah saya pakai untuk “menjuduli” tulisan liar di “kantor” sebuah organisasi dakwah di kalangan anak-anak muda, sekitar 20 tahun silam. Tulisan tersebut saya maksudkan untuk menggugah teman-teman yang mulai menunjukkan gejala aras-arasen dalam menggerakkan roda dakwah.
Adam a.s. Ya, siapa tidak kenal nama utusan Allah yang pertama itu? Siapa yang tidak tahu bahwa beliau mulanya adalah makhluk penghuni surga? Dan siapa yang tidak yakin bahwa surga adalah tempat tinggal yang mahaenak? Tapi kenapa kemudian beliau nekat melanggar pepali hanya untuk mencicipi kerasnya perjuangan hidup di dunia?
Orang berkarakter selalu yakin bahwa sukses dan prestasi tidak diukur dengan apa yang didapat, melainkan dari apa yang telah dilakukan. Serta merta mendapat surga itu memang enak. Namun, mendapat surga tanpa jerih payah adalah raihan yang membuat peraihnya tidak layak berjalan dengan kepala tegak di depan para kompetitornya. Betapa gemuruh dan riuh tepuk tangan dan sorak kemenangan iblis …