19 Feb 2019

Ulah Radikal dalam Merawat Kompetensi Guru

Menggemaskan! Itu kesan saya tentang modus pendidikan di negeri tetangga. Tetangganya Timor Leste. Betapa tidak? Ups, tahan dulu. Nanti saja narasinya. Di paragraf ujung sana. Atau di ujung tulisan ini.

Dua pekan terakhir ini saya berkutat dengan koreksi soal. Aneh, memang. Lazimnya, yang dikoreksi jawabannya. Kok, ini soalnya? Begitulah. Eh, belum. Baru begini. Maksudnya, begini ceritanya.

7 Feb 2019

HOTS yang Lagi Hot #3

Banyumanik, 2 Februari 2019

Menyambung pertemuan ke-1 sepekan sebelumnya. Pertemuan kedua ini sebenarnya tidak terprogram. Di luar kontrak. Menurut rencana, saya hanya dijadwalkan untuk membersamai teman-teman dalam kelompok-kelompok kecil. Mungkin tidak sampai sepuluh orang peserta tiap-tiap kelompok. Tapi mendadak saya mengusulkan pertemuan tambahan. Klasikal. Maka, saya sebut pertemuan ke-2 ini sebagai pertemuan remedial.

HOTS yang Lagi Hot #2

Banyumanik, masih 26 Januari 2019

Berikutnya, saya suguhkan tiga butir soal. Dari selengkapnya empat. Menguji literasi Sains. Diambil dari PISA 2015. Dalam satu tema: Sustainable Fish Farming. Simulasi eksperimen budidaya ikan secara berkelanjutan. (Saya lumayan kewalahan. Untuk menemukan padanan kata sustainable. Yang pas dalam bahasa Indonesia). Sayang, saya hanya bisa mendapatkan yang edisi bahasa Inggris. Terpaksa saya terjemahkan. Sekenanya. Untuk kepentingan coaching ini. Agar audiens paham? Bukan! Cuma biar saya disangka mengerti bahasanya Donald Trump. Biar mereka percaya. Syukur-syukur kagum. Ha-ha.

Populer